Apr 3, 2010

Menjadikan Blog Friendly di Mata Search Engine

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.


Beberapa sahabat merekomendasikan penggunaan content unik dan orisinil, membangun backlink web sejenis serta mengoptimasi SEO off page dan on page agar blog memiliki Page Rank tinggi dan lebih friendly di mata search engine. Selain itu, beberapa master SEO juga memberikan masukan bahwa perlu juga diperhatikan mengenai kecepatan loading blog dan keberadaan elemen CSS serta HTML template bila ingin menjadi top indeks mesin pencari.


Pastinya rekomendasi para master sudah sering anda dengar, dan mungkin poin-poin di atas telah terstruktur pada blog anda. Maka dari itu, saya akan lebih fokus pada poin kecepatan loading blog, keberadaan CSS dan HTML template.

Kecepatan Loading Blog
Kecepatan loading blog harus diperhatikan. Kita harus mengetahui seberapa cepat halaman blog kita dapat ditampilkan. Saya pernah mendapat informasi bahwa kecepatan loading halaman blog/web juga dapat mempengaruhi SERP (Search Engine Result Page). Artinya, semakin cepat blog kita dapat ditampilkan maka akan semakin baik di mata search engine.

Kecepatan loading web/blog kita dapat dipengaruhi oleh penggunaan javascript, image dan pengkodean yang kurang baik. Teman Choen juga menambahkan bahwa widget dapat memperlambat loading, sehingga kita harus mengurangi penggunaan widget. Tools compress yang menjadi rekomendasi nya yaitu Image menggunakan Smush.it, Javascript dengan Paker dan CSS menggunakan CSS Compressor . (linknya lihat aja dengan bantuan om google atau tante yahoo)

Keberadaan CSS dan HTML Template Blog
Pada poin ini dititik beratkan pada validasi CSS dan HTML. Untuk mengetahui validasi CSS dan HTML blog dapat menggunakan bantuanW3C Validation, yaitu CSS Validation dan HTML Validation Service. Dengan tools ini dapat membantu mendeteksi elemen CSS dan HTML yang eror pada template blog anda. (linknya lihat dengan bantuan om Google atau tante Yahoo).

Kedua poin mendasar di atas mudah-mudahan menjadi informasi dan tools berguna untuk pengembangan web/blog teman-teman. 

1 Comment:

Ary Darma said...

thx 4 artikelnya yaa....

Post a Comment

Informasi Seputar Dunia Internet dan Bisnis © 2008. Template by WIDI Blogger .

TOPO