Jun 27, 2009

Tips Menghindari Virus

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Visur komputerBanyak orang awam yang tidak mengerti bagaimana cara kerja virus komputer dan seperti apa bentuknya. Oleh karena itu mayoritas pengguna komputer yang terinfeksi virus komputer adalah pengguna awam.Saya akan sedikit membahas mengenai virus komputer pada sistem operasi windows. Virus komputer pada dasarnya adalah sebuah program, sama seperti program komputer lainnya seperti paint,notepad,wordpad dan program berbasiskan windows lainnya.Dia dibuat dengan sebuah bahasa pemrograman komputer. Namun program virus dibuat dengan tujuan berbeda, yaitu merusak sistem komputer. Lalu bagaimana cara kerja Virus ini ? Pertama adalah manipulasi. Meskipun virus adalah sebuah program, namun dia dapat menyamarkan dirinya menjadi dokumen word , file audio, file video atau dalam bentuk apapun untuk menipu pengguna awam komputer sehingga tertarik untuk “meng-click” dan mengaktifkan virus tersebut.
Setelah virus aktif, dia akan “berenang-renang” di dalam memory komputer sama seperti virus biologis yang “berenang” di dalam darah kita.Kemudian , virus komputer itu akan memantapkan dirinya untuk bertempat tinggal di komputer dengan cara mengubah registry windows dan semua sistem start-up windows sehingga setiap kali komputer anda nyalakan, virus ini dapat “terbangun” dan aktif kembali.

Setelah itu virus akan menggandakan dirinya sebanyak mungkin ke dalam komputer dan berbagai media (internet,disket,flash disk,dsb) dengan menginfeksi file-file yang menjadi sasarannya.Biasanya file yang menjadi sasaran adalah file-file buatan Microsoft Office (word,excel,power point,dsb) dan beberapa file multimedia (seperti mp3 atau wma) , kemudian file tersebut akan berubah menjadi virus setelah terinfeksi.

Lalu tugas terakhir virus adalah mengacaukan dan merusak sistem komputer, gejala-gejala yang biasa timbul adalah sistem operasi windows anda berjalan sangat lambat (seperti orang sakit) , sering restart , sering keluar kotak dialog error, dan sebagainya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati.Apabila anda dapat menghindari virus, dengan membedakan dokumen asli atau berisi virus, file multimedia asli atau berisi virus, maka anda dapat terhindar dari virus ! Namun bila anda tidak suka dengan kerepotan, dan terlalu “sulit” untuk mengerti komputer, belilah program anti-virus dipasaran, lakukan update anti-virus setiap saat dari internet, dan lakukanlah “scanning” sebelum membuka sebuah file, maka anda juga dapat menghindari virus.

1 Comment:

Post a Comment

Informasi Seputar Dunia Internet dan Bisnis © 2008. Template by WIDI Blogger .

TOPO